" Thanks to God, my parents, my friends, and my English Language teacher mr.Erwan, for having supported me so this blog can be done well ."

Minggu, 20 Mei 2012

ADVERTISIMENT


Iklan teh kotak :)


Hai, semua!

Ketemu lagi nih sama admin, siapa lagi dong pasti tau kan? Terlalu deh kalo gak tau. Well, hari ini kita bakal bahas tentang advertisement.
 Udah pada tau kan arti advertisement itu apa? Advertisement dalam bahasa Indonesia artinya iklan. 
Yapp, hari ini kita emang bakal bahas tentang iklan. Mulai dari pengertian, cirri-cirinya, gambar-gambar unik iklan, n smua hal yang menyangkut tentang iklan. Jangan salah loh, ini juga termasuk salah satu topic pelajaran bahasa inggris yaitu masuk bagian short functional text. Yuk kita bahas sama-sama cekibrotttt. Hhe
Admin mulai dari pengertian yah. 
  
        A. DEFINITION

Menurut beberapa literature yang udah admin kumpulin banyak versi beragam tentang iklan ato advertisement, tapi admin rangkum aja jadi satu.
 
   1.   (Kasali.1995:9)
Iklan yang berarti pesan yang menawarkan suatu produk yang ditujukan kepada masyarakat melalui suatu media.
   2.   (Pujiyanto.2001:3-4)
Iklan merupakan sarana komunikasi terhadap produk yang disampaikan melalui berbagai media dengan biaya pemrakarsa agar masyarakat tertarik untuk menyetujui dan mengikuti.
   3.   (Jefkins, 1997:18).
Iklan merupakan media informasi yang dibuat sedemikian rupa agar dapat menarik minat khalayak, orisinal, serta memiliki karakteristik tertentu dan persuasif sehingga para konsumen atau khalayak secara suka rela terdorong untuk melakukan sesuatu tindakan sesuai dengan yang diinginkan pengiklan.

Dapat disimpulkan bahwa pengertian periklanan dapat ditinjau dari media, proses, gaya komunikasi, dan reaksi konsumen, yaitu:
1. Media informasi: Iklan merupakan suatu media informasi produk yang disampaikan
kepada konsumen.
2. Proses iklan: Penyampaian informasi produk yang diprakarsai produsen untuk
disampaikan melalui iklan ditujukan kepada konsumen sebagai penerima pesan.
3. Komunikasi persuasif: Gaya bujuk rayunya (persuasi) yang diterapkan pada iklan
mengakibatkan konsumen terbius masuk lingkaran konotasi positif terhadap produk
yang diinformasikan.
4. Reaksi Konsumen: Informasi yang jelas melalui iklan akan membuahkan reaksi atau tindakan hingga kesadaran untuk mengkonsumsi produk yang diinformasikan.


Jadi, bisa kita simpulin kalo iklan itu artinya

“Advertising is a form of human communication effort to encourage or persuade the reader to use the services / goods offered.”

Atau Bahasa Indonesianya:
“Iklan adalah bentuk upaya komunikasi manusia untuk mendorong atau membujuk pembaca untuk menggunakan jasa / barang yang ditawarkan.


B. Language Of Advertisement

   1. Using the correct and suitable words.
   2. Using the insteresting and suggestive expressions.
   3. Using positive expressions.
   4. The text of Advertisement should be directed to the goals!


C. Content Of Advertisement

   1. Objective and honest.
   2. Brief and Clear.
   3. Not making to group or other group.


     D. PURPOSE OF Advertisement
In general the purpose of advertising, among others, are as follows:
1. Informative advertising
2. Persuasive Ad
3. Ad Reminders
4. Ad Value Enhancement
5. Ads Help Other Activities

Based on the goals, advertising is divided into:
1. Comercial Advertising
2. Corporate Advertising
3. Public Service Advertising.

Iklan memang mempunyai tujuan yang beragam tapi intinya:

“Purpose of advertising is created to strengthen the  encouragement needs and desires of consumers for a product to achieve the fulfillment of satisfaction.”

Atau Bahasa Indonesianya:
Tujuan iklan adalah buat memperkuat dorongan kebutuhan dan keinginan konsumen terhadap suatu produk untuk mencapai pemenuhan kepuasannya.
 
 
      E. CRITERIA FOR Advertisement

Agar iklan berhasil merangsang tindakan pembeli, menurut Djayakusumah (1982:60) setidaknya harus memenuhi kriteria AIDCDA yaitu:

Attention   : mengandung daya tarik
Interest     : mengandung perhatian dan minat
Desire       : memunculkan keinginan untuk mencoba atau memiliki
Conviction : menimbulkan keyakinan terhadap produk
Decision    : menghasilkan kepuasan terhadap produk
Action       : mengarah tindakan untuk membeli



     F. CHARACTERISTICS OF Advertisement


Characteristics of a good ad should have the following criteria:
1. Have a clear target (the marketing)
2. Has focused on products and services advertised.
3. Appeal
4. Have a appearance of an attractive
5. Has communication ad
6. The slogan an interesting and brief

There are many kinds of Advertisement, there are:

  1. Public Advertising
  2. Commercial Advertising
  3. Covert Advertising, etc.

  G .   EXAMPLES OF Advertisement


Bila selama ini teman-teman hanya sering melihat iklan bahasa Indonesia saja, maka dalam tulisan ini teman-teman akan disungguhkan dengan contoh iklan bahasa Inggris bergambar atau yang bisa juga disebut dengan istilah contoh advertisement english.

Penasaran ingin melihat Contoh Iklan Bahasa Inggris bergambar secara lengkap? Berikut adalah Contoh Iklan Bahasa Inggris selengkapnya yang bersumber dari berbagai situs internet:











s

   Selengkapnya disini

Sumber:




Salam,

ROSS SHIELD





Tidak ada komentar:

Posting Komentar