Iklan teh kotak :) |
Hai, semua!
Ketemu lagi nih sama admin,
siapa lagi dong pasti tau kan? Terlalu deh kalo gak tau. Well, hari ini kita
bakal bahas tentang advertisement.
Udah pada tau kan arti advertisement itu apa? Advertisement
dalam bahasa Indonesia artinya iklan.
Yapp, hari ini kita emang bakal bahas
tentang iklan. Mulai dari pengertian, cirri-cirinya, gambar-gambar unik iklan, n
smua hal yang menyangkut tentang iklan. Jangan salah loh, ini juga termasuk
salah satu topic pelajaran bahasa inggris yaitu masuk bagian short
functional text. Yuk kita bahas sama-sama
cekibrotttt. Hhe
Admin mulai dari pengertian
yah.
A.
DEFINITION
1. (Kasali.1995:9)
Iklan
yang berarti pesan yang menawarkan suatu produk yang ditujukan kepada
masyarakat melalui suatu media.
2. (Pujiyanto.2001:3-4)
Iklan
merupakan sarana komunikasi terhadap produk yang disampaikan melalui berbagai
media dengan biaya pemrakarsa agar masyarakat tertarik untuk menyetujui dan
mengikuti.
Iklan
merupakan media informasi yang dibuat sedemikian rupa agar dapat menarik minat
khalayak, orisinal, serta memiliki karakteristik tertentu dan persuasif
sehingga para konsumen atau khalayak secara suka rela terdorong untuk melakukan
sesuatu tindakan sesuai dengan yang diinginkan pengiklan.
Dapat disimpulkan bahwa
pengertian periklanan dapat ditinjau dari media, proses, gaya komunikasi, dan reaksi konsumen, yaitu:
1. Media informasi: Iklan merupakan suatu media informasi produk yang disampaikan
kepada konsumen.
2. Proses iklan: Penyampaian informasi produk yang diprakarsai produsen untuk
disampaikan melalui iklan ditujukan kepada konsumen sebagai penerima pesan.
3. Komunikasi persuasif: Gaya bujuk rayunya (persuasi) yang diterapkan pada iklan
mengakibatkan konsumen terbius masuk lingkaran konotasi positif terhadap produk
yang diinformasikan.
4. Reaksi Konsumen: Informasi yang jelas melalui iklan akan membuahkan reaksi atau tindakan hingga kesadaran untuk mengkonsumsi produk yang diinformasikan.
1. Media informasi: Iklan merupakan suatu media informasi produk yang disampaikan
kepada konsumen.
2. Proses iklan: Penyampaian informasi produk yang diprakarsai produsen untuk
disampaikan melalui iklan ditujukan kepada konsumen sebagai penerima pesan.
3. Komunikasi persuasif: Gaya bujuk rayunya (persuasi) yang diterapkan pada iklan
mengakibatkan konsumen terbius masuk lingkaran konotasi positif terhadap produk
yang diinformasikan.
4. Reaksi Konsumen: Informasi yang jelas melalui iklan akan membuahkan reaksi atau tindakan hingga kesadaran untuk mengkonsumsi produk yang diinformasikan.
Jadi, bisa kita simpulin
kalo iklan itu artinya
“Advertising is a form of human communication effort to encourage or
persuade the reader to use the services / goods offered.”
Atau Bahasa Indonesianya:
“Iklan adalah bentuk upaya komunikasi manusia untuk
mendorong atau membujuk pembaca untuk menggunakan jasa / barang yang ditawarkan.”
B.
Language Of Advertisement
1. Using the correct and suitable words.
2. Using the insteresting and suggestive
expressions.
3. Using positive expressions.
4. The text of Advertisement should be
directed to the goals!
C. Content Of Advertisement
1. Objective and honest.
2. Brief and Clear.
3. Not making to group or other group.
In
general the purpose of advertising, among others, are as follows:
1.
Informative advertising
2.
Persuasive Ad
3.
Ad Reminders
4.
Ad Value Enhancement
5.
Ads Help Other Activities
Based on the goals,
advertising is divided into:
1. Comercial Advertising
2. Corporate Advertising
3. Public Service
Advertising.
Iklan
memang mempunyai tujuan yang beragam tapi intinya:
“Purpose of advertising is created to strengthen the encouragement needs and desires of consumers
for a product to achieve the fulfillment of satisfaction.”
Atau Bahasa Indonesianya:
Tujuan
iklan adalah buat memperkuat
dorongan kebutuhan dan keinginan konsumen terhadap suatu produk untuk mencapai
pemenuhan kepuasannya.
Agar iklan berhasil merangsang tindakan pembeli,
menurut Djayakusumah (1982:60) setidaknya harus memenuhi kriteria AIDCDA yaitu:
Attention : mengandung daya tarik
Interest : mengandung perhatian dan minat
Desire : memunculkan keinginan untuk mencoba atau memiliki
Conviction : menimbulkan keyakinan terhadap produk
Decision : menghasilkan kepuasan terhadap produk
Action : mengarah tindakan untuk membeli
Attention : mengandung daya tarik
Interest : mengandung perhatian dan minat
Desire : memunculkan keinginan untuk mencoba atau memiliki
Conviction : menimbulkan keyakinan terhadap produk
Decision : menghasilkan kepuasan terhadap produk
Action : mengarah tindakan untuk membeli
Characteristics
of a good ad should have the following criteria:
1.
Have a clear target (the marketing)
2.
Has focused on products and services advertised.
3.
Appeal
4.
Have a appearance of an attractive
5. Has
communication ad
6.
The slogan an interesting and brief
There are many kinds of
Advertisement, there are:
- Public Advertising
- Commercial Advertising
- Covert Advertising, etc.
G
.
EXAMPLES OF Advertisement
Bila
selama ini teman-teman hanya sering melihat iklan bahasa Indonesia saja,
maka dalam tulisan ini teman-teman akan disungguhkan dengan contoh iklan
bahasa Inggris bergambar atau yang bisa juga disebut dengan istilah contoh
advertisement english.
Penasaran ingin melihat Contoh Iklan Bahasa Inggris bergambar secara lengkap? Berikut adalah Contoh Iklan Bahasa Inggris selengkapnya yang bersumber dari berbagai situs internet:
Sumber:
Salam,
ROSS SHIELD
Tidak ada komentar:
Posting Komentar